Laman

Senin, 21 November 2016

Info Jajanan Sehat, Jajan Sehat, Jajanan

jajan sehat, jajanan bergizi, info jajanan sehat
Salah satu tujuan makan adalah supaya tubuh kita sehat, namun disisi lain makan juga dapat menjadi salah satu sumber penyakit. Oleh karena itu menurut Anonim (2002) sebaiknya pilihlah makanan jajanan yang sehat, yaitu makanan jajanan yang segar, bersih dan aman dari cemaran bahan kimia dan fisik. 
a. Ciri-ciri makanan dan jajanan yang segar 
Cara memilih makanan atau jajanan yang sehat, untuk makanan yang telah diolah (digoreng, direbus, dikukus) pilihlah makanan baru saja dimasak (masih panas). Jika sudah dingin atau disimpan, maka pilihlah yang tidak berlendir, tidak berbau asam, tidak berjamur dan rasanya masih wajar (normal). 

b. Ciri-ciri makanan dan jajanan yang bersih 
Makanan yang sehat selain keadaannya segar juga harus bersih, tidak dihinggapi lalat, tidak dicemari oleh debu dan bahan-bahan pengotor lainnya. 
Makanan yang bersih mempunyai ciri-ciri: 
  1. Bagian luarnya terlihat bersih, tidak terlihat ada kotoran yang menempel. 
  2. Makanan tersebut disajikan dalam piring atau wadah tempat makanan yang tidak berdebu. 
  3. Tidak terdapat rambut atau isi stepler. 
  4. Disajikan dalam keadaan tertutup atau dibungkus dengan plastik, kertas tidak bertinta, daun pisang atau daun lainnya. 
  5. Makanan dimasak, disimpan atau disajikan di tempat yang jauh dari tempat pembuangan sampah, got, dan tepi jalan yang banyak dilalui kenderaan. 
  6. Makanan dimasak dengan peralatan yang bersih dengan menggunakan air bersih, tidak berbau atau keruh

c. Ciri-ciri makanan dan jajanan yang aman 
Makanan yang sehat, selain segar dan bersih juga tidak boleh mengandung bahan kimia yang berbahaya. Bahan-bahan kimia yang biasa ditambahkan kedalam makanan secara sengaja disebut bahan tambahan pangan (zat aditif pangan). Bahan kimia yang biasa ditambahkan ke dalam makanan saat pengolahan yaitu: 
  1. Bahan pewarna 
  2. Bahan pemanis 
  3. Bahan pengawet 
  4. Bahan pengenyal 
  5. Bahan penambah rasa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar